Wisata ‘Tersembunyi’ Dibalik Macetnya Kota Bekasi

Siapa bilang Bekasi tak punya tempat piknik keluarga yang menyenangkan dan hanya penuh dengan kemacetan saja? Datanglah ke Danau Marakash didalam komplek Pesona Ungu di Bekasi. Rasakan sejuknya, aneka kuliner sampai permainan anak seru disini. Danau Marakash merupakan danau buatan yang dibuat oleh pihak pengembang perumahan Pondok Ungu tuk tujuan penampungan air serta sarana rekreasi buat warga sekitar. Tapi pada kenyataannya banyak pula warga dari daerah lainnya yang datang ke danau cantik itu tuk berburu kuliner, rekreasi sampai memancing ikan.

Macetnya Kota Bekasi

Kami pernah kesana karena punyan kesempatan berkunjung ke Danau Marakash beberapa bulan lalu, tuk melihat langsung alangkah eksotisnya danau buatan yang telah ada sejak 1992 itu. Saat melangkah ke area pinggir danau, suasana sejuk langsung terasa sebab banyaknya angin yang sepoy-sepoy. Keadaan semacam itu cukup kontras dengan musim Bekasi yang cukup panas. Jika lihat sekeliling, traveler bakal menemukan fasilitas kolam renang, taman serta area parkir yang cukup luas, dan penjual kuliner di sekeliling danau. Bila sore menjelang, muncul pula aneka permainan anak yang boleh dijajal satu per satu.

“Paling ramai memang kala sore. Khususnya Sabtu Minggu. Gak pernah sepi. Apalagi bulan puasa, kalau bulan puasa terdapat pasar malam. Ada yang berjualan baju, mainan, juga jajanan, hingga macet jalanan di depan,” ujar Suparto seorang warga komplek rumah Pesona Ungu. Bendi, salah satu penjual makanan di depan Danau Marakash mengatakan hal serupa. Menurutnya, Danau Marakash memang ramainya ketika sore hari sampai menjelang Maghrib. “Biasanya ramai kawula muda pada kongkow. Keluarga pun ada, mereka menghantarkan anaknya mainan, sekalian beli jajan di sini. Tiap sore ada berbagai mainan anak di area taman. Tersedia delman, kuda keliling, dan Ondel-ondel,” terangnya.

Selain bisa merasakan suasana danau, anda dengan keluarga pun bisa menikmati area kolam renang yang terdapat di depan danau. Wisatawan juga bisa buang waktu dengan memancing di sekitar danau, sambil menunggu momen matahari tenggelam tiba di Danau Marakash. Terdapat ikan jenis sepat, mujaer dan sapu-sapu yang dapat dipancing traveler. “Dahulu tahun 2009, pernah diadakan lomba mancing di sini. Hadiahnya motor. Pas Acara Tahun Baru pula digelar panggung dangdut di depan Marakash Square. Tapi sehabis itu, gak ada lagi acara digelar di Danau Marakash,” kata Suparto yang semenjak tahun 1994 menetap di Pondok Ungu.

Traveler pun bisa berwisata kuliner di sekeliling Danau marakash. Anda boleh menemukan penjaja makanan semacam soto ayam, soft drink, ketoprak dan yang lain. Ada pula seafood serta ayam bakar Tiga Dara yang rasa-rasanya mantap, dan yang tidak boleh ketinggalan ialah Mie Preman yang pedasnya selangit. Namun tetap ada kekurangan yang berkesempatan diperbaiki disana-sini. Khususnya soal eksistensi lampu di sekeliling danau yang dapat memperindah suasana. Dan kerapian lapak penjual di sekitar danau juga kebersihannya. “Sebetulnya danau ini kalau dikelola kemungkinan bagus lagi. Paling tidak bersih, namun sayangnya gak ada yang mengelola, khususnya dari pihak developer,” papar Parto dengan penuh harapan.

Danau Marakash yang memiliki luas hingga 2 hektar lebih ini dapat menjadi destinasi tuk sekadar melepas penat bareng keluarga di daerah Bekasi. Tuk menuju ke sini, traveler cukup memacu kendaraan sampai ke Summarecon lalu menuju perumahan Pondok Ungu. Danau Marakash berada di Jl. Pondok Ungu Permai, pas di belakang Marketing Office dan area kolam renang komplek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.